7 Langkah Perawatan Kendaraan Sederhana yang Dapat Anda Lakukan Sendiri

Photo of author
Written By Mimin

Penulis 

Perlengkapankendaraan.com – Dengan semakin berkembangnya teknologi, kendaraan yang diproduksi di era saat ini lebih canggih dari sebelumnya. Sebenarnya tidak ada persyaratan yang mewajibkan Anda untuk menguasai pengetahuan terkait perawatan kendaraan.

Namun dengan mengetahui langkah-langkah perawatan kendaraan secara sederhana ini, akan membuat kendaraan Anda selalu dalam kondisi prima.

Ada banyak alasan untuk melakukan tips perawatan kendaraan di artikel ini, di antaranya adalah:

  • Kendaraan Anda lebih aman dan nyaman ketika digunakan.
  • Dengan perawatan yang rutin, akan memperpanjang usia part-part kendaraan.
  • Anda turut berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan dengan berkurangnya jejak karbon yang dihasilkan kendaraan Anda.
  • Anda akan merasakan kepuasan karena melakukan perawatan mobil sendiri
  • Berkurangnya biaya perbaikan, karena mobil Anda selalu terawat
  • mobil Anda akan terlihat lebih bagus dan enak dipandang

Mobil Anda, investasi Anda

Banyak pemilik mobil dan truk yang kurang memperhatikan perawatan kendaraannya hingga sering timbul masalah pada kendaraannya.

Melakukan pemeriksaan kendaraan secara rutin secara mandiri akan sangat membantu melindungi investasi besar yang telah Anda buat untuk kendaraan Anda. Bagaimanapun, mobil adalah investasi Anda.

Berikut ini merupakan 7 Langkah Perawatan Kendaraan Sederhana yang Dapat Anda Lakukan Sendiri di rumah, tanpa perlu menyita banyak waktu Anda;

1. Periksa Aki Anda

Kendaraan Anda tidak akan bisa berjalan jika akinya rusak. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk melakukan pemeriksaan visual secara cepat dan pembersihan berkala pada bagian penting mobil ini.

Anda dapat memeriksa terminal aki Anda setidaknya setahun sekali bila Anda menggunakan Aki tipe kering. Jika Anda menggunakan Aki tipe basah, skedul pemeriksaan harus lebih sering lagi. Hal ini untuk mencari indikasi munculnya kerak asam berwarna putih kering di Aki Anda.

Jika terdapat kerak berwarna putih di sekitar terminal Aki Anda, Anda dapat membersihkannya. Caranya yaitu;

  • Cabut kabel Aki Anda, lepaskan dahulu kabel negatifnya, jangan terbalik.
  • Siram terminal Aki menggunakan air panas, kemudian keringkan.
  • Anda juga dapat menggunakan sikat kawat dan cairan penghilang korosi yang dibeli dari toko perlengkapan mobil untuk menggosok bahan korosif dari terminal baterai.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan campuran baking soda dengan air. Bersihkan area menggunakan air, lalu keringkan dengan kain, dan sambungkan kabel baterai Anda (pasang ke kabel negatif sebelum memasang).

Untuk melakukan langkah ini, waktu yang And perlukan sekitar 15 hingga 20 menit.

2. Ganti wiper kaca depan Anda.

Salah satu hal terpenting dalam mengemudi adalah memiliki kaca depan yang bening, yang dapat memberikan tingkat visibilitas jalan yang baik.

Wiper kaca depan yang aus akan meninggalkan garis-garis garis-garis di kaca depan Anda atau gagal menyapu air hujan secara efisien. Untuk itu mengganti wiper kaca depan mobil Anda sebaiknya dijadikan salah satu prioritas.

Termasuk ketika Anda mulai mendengar bilah wiper mengeluarkan suara mencicit yang keras, menandakan karet wiper sudah aus dan harus segera diganti.

Bahkan jika bilah wiper Anda tampak berfungsi dengan baik, periksa strip karet yang ada di bilah untuk melihat apakah ada indikasi keretakan. Lap karet sesekali dengan kain lembab untuk menghilangkan kotoran.

Biasanya penggantian bilah wiper Anda dilakukan setiap 6-12 bulan. Anda dapat melakukan penggantian bilah wiper secara mandiri, karena hal ini sangat mudah untuk dilakukan.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah dalam panduan pemilik jika Anda merasa ragu untuk mengganti bilah wiper kaca depan mobil Anda secara mandiri.

Perkiraan waktu yang dibutuhkan adalah 10-15 menit

3. Ganti filter udara

Filter udara yang tidak bersih dapat mengurangi jumlah udara yang dapat diambil oleh mesin Anda, hal ini membuat lebih banyak tekanan pada mesin. Ini mungkin sedikit mempengaruhi efisiensi bahan bakar dan, dalam cara yang lebih nyata, kinerja akselerasi kendaraan Anda.

Frekuensi penggantian filter udara mesin akan didasarkan pada berbagai aspek. Mengemudi secara teratur di jalan yang tidak beraspal dan dengan lalu lintas yang padat akan mengakibatkan filter udara semakin tersumbat.

Jadwal perawatan untuk mengganti filter udara sangat bervariasi antara produsen mobil. Beberapa menyarankan untuk mengubah ini setiap 24.000 kilometer, sementara produsen yang lain menyarankan agar Anda mengganti filter udara Anda setelah mencapai jarak 72.000 kilometer.

Membersihkan filter udara secara rutin akan meningkatkan performa mobil Anda, dan meningkatkah rasio bensin Anda. Artinya pemakaian BBM mobil Anda akan semakin hemat.

Bacalah buku panduan pemilik mobil Anda untuk mengetahui jadwal Anda dan temukan lokasi filter udara mesin Anda. Di sebagian besar mobil, kotak filter udara mudah ditemukan dan tidak memerlukan alat apa pun untuk membukanya.

Dengan melihat sekilas filter udara di mobil Anda, akan terlihat apakah saringan udara mobil Anda perlu dibersihkan atau sudah waktunya diganti yang baru. Filter udara yang kotor akan tampak berwarna hitam atau abu-abu.

Perkiraan waktu yang dibutuhkan adalah 5-10 menit

4. Cuci kendaraan Anda

Salah satu cara paling sederhana untuk merawat mobil Anda adalah dengan membersihkan mobil Anda secara teratur. Dengan melakukan ini, Anda dapat memastikan eksterior kendaraan Anda terlihat baru.

Dengan mencuci kendaraan Anda, maka akan melindungi cat mobil Anda dari kotoran atau partikel yang dapat merusak cat mobil Anda.

Waktu yang dibutuhkan untuk mencuci mobil Anda yaitu sekitar 30 menit

5. Lakukan waxing pada kendaraan Anda

Jika Anda membersihkan kendaraan Anda secara teratur untuk menjaga tampilan dan kualitas eksteriornya, pertimbangkan untuk menambahkan satu lagi tips perawatan mobil ini ke dalam perawatan rutin Anda – gunakan wax.

Proses waxing dapat dilakukan lebih jarang daripada mencuci. Biasanya dalam waktu dua atau tiga kali dalam setahun.

Selain menjaga kilau eksterior kendaraan Proses waxing tersebut juga membantu melindungi clear coat dan cat dari unsur-unsur yang tidak diinginkan.

Penelitian (termasuk pengujian yang dilakukan di MythBusters TV) menegaskan bahwa mobil yang bersih memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih efisien daripada mobil dengan permukaan yang kotor.

Untuk melakukan waxing, Anda memerlukan waktu: 50-60 menit

6. Periksa oli mesin Anda

Penggantian oli mesin dilakukan secara terjadwal. Beberapa merk oli dapat bertahan hingga pemakaian 10.000 km. Namun jika Anda mengganti oli di bawah periode tersebut, maka akan lebih baik lagi. Terlebih jika Anda sering membiarkan mesin mobil Anda menyala ketika sedang menunggu seseorang.

Untuk memeriksa kualitas oli mesin Anda caranya dengan melihat pada dipstick. Caranya yaitu dengan membuka kap mesin mobil Anda, kemudian di samping blok mesin Anda terdapat tangkai pemeriksa oli mesin. Cabut tangkai tersebut, kemudian pada ujung tangkai Anda dapat melihat oli yang menempel tangkai dipstick tersebut. Periksa tingkat kekeruhan atau kekentalan oli tersebut, apakah sudah waktunya diganti atau masih cukup bagus.

Jika Anda rajin mengganti oli di bengkel, biasanya pihak bengkel akan mencatat nilai kilometer pada kartu gantung/ kartu perawatan berkala. Anda dapat berpedoman pada catatan tersebut.

Minyak rem terletak di dalam reservoir tangki yang memiliki indikator level cairan yang mudah dibaca. Juga, pastikan untuk memeriksa reservoir power steering Anda. Ini mungkin berisi dipstick berdasarkan model kendaraan.

Level cairan terakhir yang harus diperiksa adalah cairan washer kaca depan yang akan dikuasai oleh siapa saja yang merupakan pengemudi berpengalaman.

Perkiraan waktu yang dibutuhkan adalah 10 menit

7. Periksa tekanan ban Anda

Sebagian besar kendaraan modern memiliki sistem untuk memantau tekanan ban. Namun, ada baiknya Anda menguji tekanan ban secara manual secara berkala. Setiap pemilik kendaraaan disarankan memiliki alat pengukur tekanan ban, seperti halnya inflator udara untuk mobil Anda atau kompresor ban portabel.

Hasil dari mengemudi dengan ban yang tidak dipompa dengan benar dapat menyebabkan:

Konsumsi BBM menjadi lebih boros
Ban lebih cepat termakan, sehingga lebih cepat gundul dan bisa meletus karena panas yang berlebihan.
Jika tekanan ban melebihi standar yang dibolehkan juga dapat menyebabkan masalah. Pastikan untuk mengisi ban Anda hingga tekanan yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan, dan bukan psi yang tertera pada ban sebenarnya.

Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan: 2 menit

Nah demikian 7 Langkah Perawatan Kendaraan Sederhana yang Dapat Anda Lakukan Sendiri di rumah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment